08.00 - 17.00 WIB
0821.4099.8280
0821.4099.8280
Jumlah = pcs
Keranjang

Apa yang diharapkan anak dari orangtuanya?

Monday, April 28th 2014.
tips komunikasi anak

Luangkan waktu khusus untuk melakukan kegiatan bersama

Apa yang diharapkan anak dari orangtuanya?

Kumpulan status Fan Page Little Bee Boutique

 

Mencintai tanpa syarat
Terimalah anak sebagaimana adanya, termasuk kelemahan dan kekurangannya. Tidak membandingkan dengan anak lain. Kamu adalah buah hatiku tercinta, bagaimanapun keadaanmu. Hindari pula membandingkan kelebihan dan kekurangan antara kakak dan adik. Ingat setiap anak memiliki keunikan masing-masing. Tentunya anda juga tidak ingin, anak membandingkan anda dengan orang tua lainnya bukan?

 
Menghargai usaha dan pendapat mereka
Menghormati pendapat anak akan menumbuhkan rasa hormatnya kepada orang lain termasuk orangtuanya. Hargai pendapat mereka walaupun terkadang tidak sama dengan pendapat orang tua. Pola pikir mereka sesuai dengan umurnya, tentu saja berbeda dengan pola pikir orang tua.

 

Menghormati dan rukun dengan pasangan hidup kita.
Tentu saja anak tidak suka melihat orangtuanya bertengkar bukan? Jika ada selisih paham antar orang tua, sebaiknya diselesaikan tidak dihadapan anak-anak. Jika anak terbiasa melihat kedua orang tuanya bertengkar, akan menjadi contoh baginya dalam kehidupannya kelak saat sudah berumah tangga.

 

Menatap mata dan memegang tubuhnya saat berbicara
Kontak mata menandakan kita bersungguh-sungguh mengajaknya berbicara. Anak juga merasa dirinya dianggap sebagai orang penting bagi kita. Bukan hanya kalimat menegur atau perintah yang membutuhkan kontak mata dengan anak, dialog sederhana juga membutuhkan kontak mata. Letakkan gadged pada saat anak menyampaikan sesuatu dan tanggapilah dengan bijaksana. Sesekali peluk anak jika memang dia membutuhkan, pelukan orang tua terbukti mujarab untuk obat kegalauan anak.

 

Meluangkan waktu khusus untuk melakukan suatu kegiatan bersama.
Sesuaikan jadwal pekerjaan kita, jangan sampai kita diatur oleh pekerjaan tetapi kitalah yang mengatur pekerjaan kita. Usahakan berinteraksi setiap hari dengan sang anak. Interaksi menjelang anak tidur sangat dianjurkan, beri kesempatan dia untuk bercerita tentang kegiatannya hari itu dan berikan sugesti yang baik jika ada sesuatu yang mengganggu perasaan anak.

 

Berada di sisinya saat mereka menghadapi kesulitan, bahkan untuk kesulitan kecil (menurut kacamata kita).
Contoh kecilnya adalah seperti membantu menggunting, membuka plastik makanan atau membantu saat pensilnya macet tidak bergerak saat meraut. Contoh yang kita berikan akan menanamkan kebiasaan menolong orang lain pada anak.

 

Melakukan apa yang kita minta mereka untuk melakukannya.
Pernahkan menjumpai seorang ibu yang memaksa anaknya mengenakan jilbab ke sekolahnya karena sekolahnya berbasis Islam, sementara ibunya sendiri tidak mengenakan jilbab? Atau orang tua yang menginginkan anak rajin membaca tapi orang tuanya pun enggan membaca. Alangkah baiknya orang tua memberi contoh langsung dihadapan anak, walaupun yang dilakukan orang tua adalah pura-pura membaca saja.

 

Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk anda.

 

Rp 155.000
Rp 155.000
Rp 170.000
Rp 165.000
Rp 135.000
Rp 160.000