08.00 - 17.00 WIB
0821.4099.8280
0821.4099.8280
Jumlah = pcs
Keranjang

Balita Takut Pada Orang Asing

Saturday, April 11th 2015.
Balita Takut Pada Orang Asing

Balita Takut Pada Orang Asing

Balita Takut Pada Orang Asing

Bukan hanya ke orang yang belum dikenal, ke “wajah lama” pun anak takut. Para ahli perkembangan anak sepakat bahwa balita takut pada orang asing merupakan bagian dari perkembangan anak, dan mencapai puncaknya saat anak berumur 12 – 15 bulan. Setelah itu, ada anak yang sifat takutnya akan berkurang, ada juga yang berlanjut hingga usia 2 tahun.  Meski ini bagian normal dari perkembangan dan tak dapat dihindari, bukan berarti Bunda sebagai orangtua dapat membiarkannya saja.

Apa Bunda sudah pernah mengatasi permasalahan balita takut pada orang asing atau orang yang baru dia kenal ? Yuk simak langkah-langkah berikut ini dari kami.

Jangan memaksa si kecil

Apa yang ada dipikiran Bunda, belum tentu sama dengan yang ada di pikiran si kecil. Jangan memaksa si kecil untuk cepat akrab dengan orang baru, karena justru akan membuat ketakutannya semakin tinggi

Jangan sangkal ketakutannya

Ada sejumlah anak yang justru akan semakin muncul ketakutannya saat dia menjadi pusat perhatian orang-orang yang belum dikenalnya. Sebaiknya Bunda tidak menyangkal ketakutannya itu, karena ini justru akan membuat ketakutannya semakin bertambah dan berkembang, sehingga dia justru tidak mau lepas dari Bunda

Biasakan mengenalkan si kecil pada tamu

Saat ada tamu berkunjung ke rumah, ajaklah si kecil untuk berkenalan dengan tamu yang berkunjung. Terkadang si kecil akan bersikap menolak, dan akan mengecewakan tamu. Bunda dapat menjelaskan kepada tamu yang berkunjung bahwa si kecil memang tidak mudah untuk beradaptasi dengan tamu baru, namun Bunda sedang melatihnya agar lebih terbiasa. Bunda bisa menjelaskan pula bahwa hal ini bukan karena sikap tamu yang tidak sesuai dengan si kecil, namun memang karena si kecil sedang butuh waktu untuk beradaptasi.

Ajarkan cara berkenalan dengan orang lain

Bunda bisa mengajarkan si kecil untuk berkenalan dengan orang lain, diawali dengan bersalaman. Bunda bisa menjelaskan bahwa si kecil masih perlu beradaptasi dengan orang lain untuk berkomunikasi. Mintalah orang lain untuk meminjamkan mainan walaupun bisa jadi si kecil akan menolaknya, namun Bunda bisa jelaskan kepada orang lain tersebut supaya tidak tersinggung

Berikan padanya jaminan rasa aman

Anak berusia balita sangat memerlukan jaminan rasa aman dari orang tuanya dalam melewati masa-masa proses perkembangannya. Kesabaran dan ketelatenan orang tua sangat diperlukan bagi orang tua untuk menemani anak melewatinya. Jaminan aman ini bisa diberikan dalam bentuk cinta baik melalui kata maupun perbuatan dan bahasa tubuh, misalnya tatapan mata dan pelukan.

Dengan cara demikian mungkin akan membantu si kecil tidak takut lagi dengan orang yang baru dia kenal. Semoga bermanfaat.

habis
Rp 115.000
habis
Rp 155.000
Rp 175.000
Rp 160.000
habis
Rp 115.000
habis
Rp 190.000