08.00 - 17.00 WIB
0821.4099.8280
0821.4099.8280
Jumlah = pcs
Keranjang

Berkomunikasi dengan Anak Berkarakter Koleris

Sunday, March 23rd 2014.
tips komunikasi anak koleris copy

Tips Komunikasi dengan Anak Koleris

Berkomunikasi dengan Anak Berkarakter Koleris

(Rangkuman status Fan Page Little Bee Boutique)

Sebanyak 10% manusia dilahirkan dengan watak koleris. Anak koleris bersifat keras kepala dan selalu mengatur. Tegas tanpa tedeng aling-aling, kuat dan tidak mudah dirayu. Mereka tipe pemberi semangat, cekatan dan dapat diandalkan. Koleris memiliki kecenderungan menjadi pemimpin yang dinamis dan tidak pernah menyerah. Suasana hatinya cepat berubah. Mudah sekali meledak, namun juga mudah sekali melupakan dan memaafkan. Ia bisa bertindak kejam dan menghancurkan orang lain dengan kata-kata yang diucapkan. Koleris dapat sangat mandiri dengan mengandalkan kemampuan alaminya. Ia membutuhkan suatu lingkungan di mana ada konflik, tantangan, pilihan dan pengendalian.

Apa yang ada di benak anak koleris? Berikut…

– Saya mau melakukan menurut cara saya

– Saya suka tantangan

– Saya suka segala sesuatu dilakukan dengan cepat

– Saya suka memikirkan masa depan

– Saya suka ide baru

– Saya suka hasil kerja saya mendapat penilaian

– Saya suka menentukan keputusan

– Saya suka dipuji dan dihormati

– Saya tidak suka bertele-tele atau terlalu detail

– Saya tidak suka di belakang layar

– Saya tidak suka orang mendesak saya

Tips berkomunikasi dengan anak koleris :

– Singkat, spesifik, langsung ke pokok masalah dan jangan bertele-tele. Jangan terlalu sering menjelaskan hal yang sudah ia ketahui misalnya “Kamu harus rajin belajar supaya nilaimu bagus!” (dalam hati ia berkata “siapa aja juga tau kalau cuma begitu, kalau rajin ya mesti nilainya bagus”.

– Koleris berpikir dengan pola untuk menjawab “apa?” dan berorientasi hasil. Bertanyalah semacam “Apa yang kamu rencanakan untuk bisa dapat nilai bagus? “. Biarkan ia mengatur caranya.

– Berbicara logis dan masuk akal – Buat ia yang memutuskan, misalnya katakan “Kamu mau mandi setelah makan atau setelah acara TV?” sebagai ganti dari “Ayo mandi setelah makan!”.

– Beri tantangan, misalnya “Kalau kamu bisa mengerjakan PR sendiri, kamu akan dapat buku yang kamu inginkan. Bagaimana, berani terima tantangan?”.

Setiap anak dilahirkan memiliki keistimewaan. Temukan cara yang tepat untuk menumbuhkan dan mengembangkan keistimewaannya. Ikuti terus artikel Little Bee selanjutnya ya Bunda 🙂

 

Rp 140.000
Rp 175.000
Rp 150.000
Rp 160.000
Rp 150.000
habis
Rp 115.000
habis