08.00 - 17.00 WIB
0821.4099.8280
0821.4099.8280
Jumlah = pcs
Keranjang

Langkah Menjadi Orangtua yang Tidak Memanjakan Anak

Thursday, April 23rd 2015.
Langkah Menjadi Orangtua yang Tidak Memanjakan Anak

Langkah Menjadi Orangtua yang Tidak Memanjakan Anak

Langkah Menjadi Orangtua yang Tidak Memanjakan Anak

Menuruti keinginan anak menjadi andalan orangtua ketika menghadapi si kecil yang rewel. Namun, kalau terus-menerus dilakukan, bukan tidak mungkin nantinya anak jadi manja. Bunda jadilah orangtua yang tidak selalu memanjakan keinginan si kecil yah supaya dia tau bahwa tidak semua yang dia inginkan tersebut dapat dikabulkan. Yuk simak tips sederhana Langkah Menjadi Orangtua yang Tidak Memanjakan Anak dari kami berikut ini semoga bisa diterapkan di rumah dengan si kecil.

Menetapkan aturan sejak awal

Sangat penting untuk menetapkan aturan dan sampaikan pada anak aturan itu. Orangtua perlu memperhatikan kalimat yang disampaikan kepada anak, sehingga tidak ada celah untuk merayu. Misal aturan untuk makan permen, sampaikan padanya bahwa hanya boleh makan satu permen saja sehari, setelah itu simpan permenmu.

Konsisten pada aturan yang telah ditetapkan

Saat orangtua sudah menetapkan aturan, harus konsisten dengan aturan yang telah ditetapkn. Kebanyakan yang terjadi, justru orangtua yang tidak konsisten pada aturan yang dibuat sendiri karena rasa kasihan pada si kecil. Misal untuk menonton TV, bunda hanya membuat aturan sehari dua jam untuk menonton TV, dan saat anak lebih dari dua jam menonton TV, Bunda membiarkannya. Yang harus Bunda lakukan adalah melihat lebih jauh, akibat apa yang akan terjadi saat aturan itu Bunda ijinkan untuk dilanggar. Si kecil akan melakukan hal yang sama untuk aturan-aturan yang lain

Menangis adalah caranya untuk merayu

Banyak anak kecil menagis saat ingin mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Saat si kecil menangis, kuatkan hati Bunda terhadap tangisanannya. Sekali Bunda menuruti apa yang diinginkan si kecil dengan menangis, dia akan mengulanginya saat menginginkan sesuatu yang lain. Beri penjelasan sederhana pada si kecil, mengapa Bunda tidak mengabulkan apa yang dia inginkan.

Buat kesepakatan dengan si kecil

Bunda bisa membuat beberapa kesepakatan dengan si kecil, saat si kecil menginginkan sesuatu. Misal jika si kecil tidur siang, maka sore harinya boleh menonton televisi. Dengan adanya kesepakatan seperti ini, si kecil tau apa yang harus dilakukannya jika ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Bunda jangan takut melihatnya kecewa

Melihat anak sedih karena keinginannya tidak dikabulkan memang bisa membuat hati bunda ikut sedih. Tapi bagaimanapun juga, Bunda tidak boleh menyerah. Dengan belajarĀ  seperti ini, si kecil akan tau bahwa dia tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkannya.

Demikian tips Langkah Menjadi Orangtua yang Tidak Memanjakan Anak dari kami semoga bermanfaat.

Rp 110.000
Rp 115.000
Rp 155.000
Rp 110.000
Rp 120.000
Rp 155.000