08.00 - 17.00 WIB
0821.4099.8280
0821.4099.8280
Jumlah = pcs
Keranjang

Tips Menenangkan Anak Saat Tantrum

Thursday, March 26th 2015.

tips menenangkan anak saat tantrumTips Menenangkan Anak Saat Tantrum

Saking rewelnya anak-anak, kadang orangtua bingung harus berbuat apa. Berikut ini Tips Menenangkan Anak Saat Tantrum yang bisa dilakukan orangtua ketika menghadapi anak yang mengalami temper tantrum.

Tidak berdebat dengan anak. Ketika anak berteriak dan orangtua merespon dengan teriakan pula, Kondisi ini tidak akan membuat mereka menjadi tenang, sebaliknya mereka akan semakin marah.

Ketika anak mulai marah dan orang tua mengetahui hal ini. Coba alihkan perhatian mereka ke hal atau aktivitas lain yang bisa diterima dengan baik.

Coba abaikan perilaku anak ketika tantrum. Namun jangan ditinggal sendiri diruangan. Tetapi temani mereka dengan melakukan hal lain sembari mengawasi. Ketika anak terlihat sudah agak tenang, maka orangtua dapat memberikan perhatian seperti yang diinginkan si kecil. Misalnya dengan menghampiri dan memeluk anak, atau menanyakan mengapa mereka merasa marah.

Ketika anak sudah menyakiti dirinya sendiri atau orang lain. Maka orang tua dapat memeluk mereka. Sembari berkata bahwa Anda sebagai orang tuanya akan melepaskannya ketika dia sudah mengontrol emosinya. Orang tua juga dapat membawa anak ketempat yang lebih aman sehingga tidak ada yang terluka.

Memberikan time out atau waktu yang tenang ketika anak membutuhkannya. Saat berada di area publik, maka ajak anak ke area yang lebih tenang. Utarakan mereka akan diajak pulang jika tidak berhenti merengek, kecuali jika dia bisa menenangkan diri.

Sesudah anak mengalami tantrum, maka orangtua perlu melakukan beberapa hal dibawah ini sehingga dapat membantu mereka agar suatu saat tidak tantrum lagi. Apa sajakah itu?

Mengajarkan anak untuk menggunakan cara baik agar apa yang diinginkan bisa diperoleh. Katakan pada mereka, marah adalah perasaan yang dimiliki semua orang. Namun harus diekpresikan dengan cara yang lebih bisa diterima banyak orang. Misalnya mengajari anak untuk meminta sesuatu secara baik-baik.

Tidak memberikan hadiah atau memenuhi keinginan anak begitu saja. Saat orangtua memberikan apa yang diinginkan anak sesudah tantrum, maka anak memahami jika tantrum adalah cara terbaik untuk mendapatkan hadiah atau sesuatu di lain hari.

Orang tua tetap dapat menjaga hubungan yang baik dengan anak yang sedang tantrum. Sebagai orang tua atau orang dewasa, yang dapat dilakukan adalah fokus pada cara untuk menghilangkan perilaku yang tidak menyenangkan, disini adalah temper tantrum. Pemikiran ini akan membantu orang tua agar tidak menilai negatif anak yang mudah tantrum sebagai anak yang suka membuat masalah atau pemarah.

habis
Rp 115.000
habis
Rp 190.000
habis
Rp 130.000
habis
Rp 155.000
Rp 110.000
sale
Lolly Jumpsuit Orange

20%

Rp 96.000 120.000